Apa itu Marketplace SMKN 2 Depok?
Tips

Kiat-Kiat Mencari Tempat untuk Prakerin

March 02, 2021
Biasanya, praktik kerja industri akan berlangsung antara satu hingga tiga bulan. Para siswa bisa menentukan perusahaan atau instansi yang akan menjadi tempat praktik kerja industri mereka secara mandiri.

 

Praktik kerja industri atau biasa disebut Prakerin menjadi salah satu kegiatan wajib untuk siswa-siswi SMK. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kemampuan praktik siswa atas pembelajaran yang didapatkan dari sekolah agar nantinya siap terjun ke dunia kerja.

Biasanya, praktik kerja industri akan berlangsung antara satu hingga tiga bulan. Para siswa bisa menentukan perusahaan atau instansi yang akan menjadi tempat praktik kerja industri mereka secara mandiri.

Walau memang tidak mendapat upah selayaknya pekerja, menjalankan Prakerin nyatanya bisa membuat kamu sebagai siswa SMK mendapatkan banyak keuntungan, seperti bisa membuat kamu mengenal dunia kerja, memiliki karakter pekerja sejak dini, dan membuka kesempatan bertemu dengan orang baru. Alih-alih mendamba mendapat pemasukan berupa uang, kamu justu mendapat pengalaman yang lebih daripada apa yang diajarkan di sekolah!

Untuk mendapatkan keuntungan tadi secara maksimal, tentu kamu perlu mencari tempat praktik yang tidak sekadar meminta kamu membuatkan kopi dan melakukan foto copy, tetapi juga lembaga yang bisa menjadi wadah pengembangan diri. Nah, bagaimana ya kiat-kiat mendapatkan tempat praktik kerja industri ini? Pijar Career mencoba menuliskan beberapa tipsnya untukmu.

1. Memilih tempat praktik kerja industri ya pastinya yang sesuai dengan jurusanmu

 Relevan

Ada banyak sekali perusahaan yang bisa kamu temukan untuk dijadikan tempat praktik kerja industri nanti. Namun, sebaik-baiknya tempat prakerin adalah perusahaan yang sesuai dengan jurusan dan bidang yang kamu geluti. Misal, kamu adalah siswa SMK yang mengambil jurusan elektronik, pasti tidak akan sesuai jika kamu mengambil lokasi Prakerin di perusahaan otomotif. Dengan memilih tempat Prakerin yang sesuai jurusan, tentu kamu akan lebih memahami dan bisa fokus pada bidang yang kamu inginkan.

2. Jangan lupa mengecek profil perusahaan tujuanmu

Company Information 

Selayaknya pelamar kerja pada umumnya, mencari tempat Prakerin pun tetap membutuhkan pengetahuan mengenai perusahaan yang akan dituju. Anda bisa memulai dengan mengetahui bidang perusahaan, hasil produksi, dan jangan lupa untuk memahami mencari tahu perihal job desc atau rincian tugas yang akan kamu terima apabila nantinya akan praktik kerja di perusahaan tersebut. Penting mengetahui job desc kamu, sehingga kamu bisa mengetahui batasan, hal-hal apa yang akan dan tidak bisa dilakukan oleh dirimu sebagai peserta Prakerin!

3. Kalau masih belum dapat petunjuk tentang tempat Prakerin, coba deh kamu minta saran pada kakak kelas

 Suggest

Saat teman-teman lainnya sudah mendapat tempat praktik kerja industri sementara kamu belum, rasa gelisah pasti muncul. Namun, daripada kamu gelisah sampai akhirnya sulit menentukan lokasi Prakerin, lebih baik kamu mencoba meminta saran dari kakak kelas yang sudah lebih dulu menjalani Prakerin.

Tidak harus bertanya pada mereka yang satu jurusan dengan kamu, kok. Kamu bisa bertanya dengan kakak kelas yang berbeda jurusan juga, sebab mereka mungkin saja tahu mengenai tempat atau perusahaan mana saja yang sesuai dengan jurusan kamu. Toh, tidak ada salahnya juga bertanya sekaligus mempererat pertemanan dengan kakak kelas!

4. Perhatikan juga mengenai lokasi dan cara tempuh ke tempat prakerin

 Lokasi

Seringkali kamu lupa bahwa memilih tempat praktik kerja industri juga membutuhkan perhatian mengenai lokasi dan cara menuju ke tempat perusahaan tersebut, mengingat kamu yang sebagai pelajar dan mungkin belum leluasa menggunakan kendaraan pribadi. Sebaiknya, jangan terlalu memaksakan untuk menjalani praktik di perusahaan yang berada di pusat kota apabila jarak tempuhnya jauh dan transportasinya sulit dijangkau.

5. Mencari tempat praktik kerja industri melalui BKK Pijar Career!

Pijar Career

Untuk kamu siswa-siswi SMK, sekarang tidak perlu lagi kesulitan mencari perusahaan atau lembaga untuk Prakerin ke sana kemari. Sebab kini Pijar Career memiliki fitur untuk membantumu mencari tempat Prakerin yang tepat dan sesuai dengan jurusan yang kamu ambil dan yang pasti perusahaan yang ditawarkan di Pijar Career adalah perusahaan yang terpercaya sebab sudah memperoleh izin dari BKK sekolahmu. Menarik bukan? Hanya dengan membuat akun di Pijar Career, kamu tidak perlu bingung lagi mencari tempat Prakerin

Setelah nantinya kamu mendapatkan tempat magang yang sesuai dengan bidang, lokasi, dan pekerjaan yang bisa kamu lakukan, jangan sia-siakan waktu untuk untuk menggali potensi diri dan mengembangkan jaringan baik dengan atasan maupun dengan karyawan tetap di perusahaan tersebut. Dengan begitu, kamu bisa saja mendapatkan informasi mengenai lapangan kerja di perusahaan tersebut nantinya apabila kamu sudah lulus. Gali juga pengalaman mereka selama menjadi pekerja. Bisa jadi mereka akan membagikan tips menjadi siswa yang siap kerja nantinya.

~dyar